Frequently Asked Questions


Apa itu PPID ?

PPID adalah kepanjangan dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasu dimana PPID Berfungsi sebagai pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

PPID membantu mewujudkan pelayanan yang cepat tepat dan sederhana di setiap badan publik sehingga masyarakat sebagai pemohon informasi akan lebih mudah mendapatkan informasi.

 

Bagaimana mekanisme dan prosedur untuk mendapatkan informasi dari PPID di KPU Kota Samarinda ?

  1. Pemohon informasi mengajukan permohonan informasi dengan cara datang langsung , melaui faksimili, telepon, surat dan surat elektronik.
  2. Alamat Pelayanan Informasi :

Kantor KPU Kota Samarinda

Jalan Juanda No. 18 Samarinda

Telepon / Fax : 0541 – 767766

Email : ppid@kpu-samarindakota.go.id

 

  1. Desk Pelayanan memilah permintaan informasi dengan ketentuan :
  • Pemohon  yang datang secara langsung mengisi formulir permohonan informasi.
  • Untuk pemohon informasi melalui surat , email telepon dan faksimili, formulir permohonan informasi dapat diisikan oleh desk pelayanan
  • Desk pelayanan memberitahukan nomor formulir permohonan informasi.
  • Desk pelayanan dapat langsung memberikan informasi yang diminta oleh pemohon informasi, jika informasi yang dimaksud sudah tersedia dan bukan merupakan informasi yang termasuk dalam kategori dikecualikan atau berpotensi dikecualikan.
  • Desk pelayanan menginformasikan kepada pemohon informasi apabila informasi yang dimaksud tidak berada di bawah penguasaan KPU dan apabila mengetahui dapat memberitahu Badan Publik yang menguasai informasi tersebut.
  • Desk Pelayanan menginformasikan kepada pemohon informasi apabila informasi yang dimaksud dikategorikan sebagai informasi yang dikecualikan dengan memberikan surat keputusan KPU mengenai informasi yang dikecualikan.
  • Apabila keterangan lebih lanjut mengenai informasi yang dimohon pemohon informasi belum dapat diberikan secara langsung, desk pelayanan menginformasikan jangka waktu permohonan informasi sesuai dengan UU KIP. Desk Pelayanan berkoordinasi dengan Tim Penghubung dan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) serta kemudian memberikan pemberitahuan tertulis mengenai informasi dimaksud sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan UU KIP.
  • Apabila informasi tidak dapat diberikan desk pelayanan menginformasikan kepada pemohon informasi mengenai hak nya untuk mengajukan surat keberatan kepada atasan PPID.
  • Setiap pemberian informasi harus disertai dengan tanda terima
  • Desk Pelayanan mengisi buku register pelayanan informasi.

 

Berapa jangka waktu yang dibutuhkan pemohon untuk mendapatkan informasi?

Sepuluh hari kerja dan dapat diperpanjang tujuh hari kerja. Perpanjangan dilakukan secara tertulis disertai alasan yang jelas.

 

Berapa biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan informasi ?

Tidak ada biaya dalam pelayanan informasi ini kecuali jika terdapat biaya penggandaan dan pengiriman informasi yang akan dibebankan kepada pemohon informasi.

 

Apa produk pelayanan dari PPID KPU Kota Samarinda ?

Produk pelayanan berupa informasi dalam bentuk hardcopy dan softcopy

 

Kapan waktu pelayanan informasi di KPU Kota Samarinda ?

Pelayanan informasi dilakukan setiap hari kerja, dengan rincian :

Senin s/d Kamis : 09.00 – 15.00 WITA

Jumat          : 09.00 – 15.30 WITA

 

 

 


Bagikan :